dirgahayu ri ke 72

SELAYANG PANDANG

MTsN Malang 3 berdiri berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 27 tahun 1980. Lokasi Madrasah berada di Jl. Basuki Rahmat 194 Desa Sepanjang - Kecamatan Gondanglegi. MTsN Malang 3 dikenal dengan sebutan MTsN Sepanjang karena letaknya berada di desa Sepanjang, dikenal pula dengan akronim Masanega yang merupakan singkatan dari Madrasah Tsanawiyah Negeri Malang 3. MTsN Malang 3 merupakan MTsN ke 3 yang berdiri di Malang. Oleh karena itu meskipun berada di wilayah kabupaten, tetap menggunakan nama MTsN Malang 3 sebagaimana yang tertulis di SK pendiriannya.

Secara geografis, MTsN Malang 3 berada di lokasi yang strategis. Berada di tepi Jalan besar yang menghubungkan ibukota Kabupaten Malang, Kepanjen, dengan Kabupaten Lumajang.  Di samping itu letaknya sangat mudah dijangkau dari kota Malang, baik melalui Kecamatan Turen maupun Gondanglegi. Berada di daerah semi perkotaan, suasana lingkungan MTsN Malang 3 sangat bersih dari polusi baik udara maupun suara. Hal ini membuat suasana madrasah sangat kondusif untuk tempat belajar siswa.

Keunggulan lain dari letak MTsN Malang 3 adalah dikelilingi oleh lembaga pondok pesantren. Posisi ini membuat banyak calon wali murid tertarik memasukkan putera-puterinya ke MTsN Malang 3 karena menginginkan putera-puterinya mendapatkan pendidikan di Madrasah Negeri sekaligus Pondok Pesantren.