MTsN 1 Malang Giatkan Gerakan Literasi Sekolah

credit by Andy Firmansyah

Gondanglegi, Kamis, 3 agustus 2017. Tepat hari ini, di MTsN 1 Malang ada budaya baru, program pembiasaan membaca yang  yang diikuti oleh seluruh peserta didik dan guru ini, dilaksanakan setiap hari kamis, setelah KBM (kegiatan Belajar Mengajar) jam ke-4. Kegiatan gerakan gemar membaca yang telah dicanangkan Pemerintah Pusat ini merupakan salah satu upaya efektif untuk menyukseskan program Pemerintah dibidang literasi. Kegiatan ini dilaksanakan selama 15 menit, disetiap kelas yang didampingi oleh para guru pengajar di jam ke-4.

Diawal pelaksanaannya (Kamis, 3 Agustus 2017), Antusiasme kegiatan pembiasaan gemar membaca sangat terlihat, disetiap kelas-kelas yang ada di MTsN 1 Malang nampak para siswa dan guru dengan khidmat membaca buku yang telah dibawanya. Adapaun Buku bacaannya adalah buku yang tidak berkaitan dengan materi pelajaran, bukunya adalah buku yang memang disukai oleh para peserta didik, buku-buku yang dibawa para peserta didik ada yang kategori manga, novel, agama, dan lain-lain.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Perpustakaan MTsN 1 Malang ini, mengagendakan setiap siswa maupun guru mengisi jurnal baca yang telah dipersiapkan oleh pihak perpustakaan. “Kegiatan literasi sekolah ini tidak lain untuk meningkatkan minat baca kepada sekluruh peserta didik dan para guru di MTsN 1 Malang. Adapun pelaksanaan kegiatannya, ketua kelas terlebih dahulu membagi jurnal membaca mingguan, kemudian peserta didik diminta mengisi tanggal, nama buku, pengarang. Setelah itu dilaksanakan kegiatan membaca secara bersama-sama, setelah waktu baca selesai, para peserta didik dan guru mengisi nomor halaman buku yang sudah dibaca saat itu” terang Khoirul, kepala perpustakaan MTsN 1 Malang. (AK/Foto by Andy F)

(video gerakan literasi bisa dilihat di link ini: https://www.instagram.com/p/BXUQ5iAhKq_/?r=wa1)