UPACARA HARI KEMERDEKAAN RI KE 72 DI MASANEGA

Gondanglegi, 17 Agustus 2017. Seluruh civitas MTsN I Malang bersama-sama berdoa untuk para pahlawan dan pendiri bangsa. Pembacaan surat Yasin dan pembacaan tahlil dengan khusyuk dilantunkan yang pahalanya dihadiahkan kepada mereka yang dengan ikhlas mengorbankan jiwa raganya, demi merengkuh kemerdekaan.. Dilanjutkan dengan doa sebagai penutup kegiatan pertama peringatan HUT RI di MASANEGA. Dan akan dilanjutkan dengan upacara bendera di halaman madrasah.

Tampak seluruh petugas dan peserta upacara dalam keadaan siap untuk mengikuti detik-detik Proklamasi Kemerdekaan. Dengan para petugas mengenakan pakaian adat Jawa dan pasukan pengibar bendera yang berseragam dominan putih, serta sang merah putih mengalung di leher menambah kegagahan mereka menghentak bumi.

Dan bertindak sebagai pembina upacara hari Kemerdekaan tahun 2017 adalah H. Masduki (Wakil Kepala Bagian Hubungan Masyarakat).

Pembacaan teks Proklamasi dengan lantang dibacakan, sila-sila Pancasila dengan keras ditirukan, dan Pembukaan UUD 1945 menambah keteguhan cinta pemuda pemudi MASANEGA.

Surat An Nashr menjadi pembuka amanat pembina upacara. Dimana kemenangan dan kemerdekaan haruslah disambut dengan dzikir kepada Allah. Kalimat tasbih, tahmid, dan takbir digaungkan saat pertama kali dulu bangsa ini merdeka.

Sebagai pelajar hendaknya mengisi kemerdekaan dengan belajar sungguh-sungguh. Karyawan dan guru bekerja sama dengan baik mengawal anak-anak memperoleh keberhasilan. Apapun profesinya dalam memaknai kemerdekaan dengan hal-hal yang positif dan tidak hanya dengan euforia.

Pekikan kata MERDEKA dan TAKBIR menjadi penutup amanah pembina upacara yang diikuti oleh seluruh peserta menggelegarkan bumi.

Diikuti dengan menyanyikan beberapa lagu nasional dan ditutup dengan doa yang tertuju khusus bagi para pahlawan kemerdekaan.. (Amir)