Perangi Campak-Rubella, Ratusan Siswa MTsN 1 Malang dapat Imunisasi MR

(Kab Malang), 31 Agustus 2017. Gerakan program nasional imunisasi Measles Rubella (MR) di MTsN 1 Malang dilaksanakan hari Rabu (30/8/2017). Di Madrasah yang terletak di kec. Gondanglegi ini, Para siswa menerima imunisasi measles rubella (MR) dari puskesmas Kec. Gondanglegi. Terdapat sekitar 900 siswa yang terbagi dalam 30 kelas di MTsN 1 Malang.

Dalam pelaksanaannya, Tim kesehatan dari PUSKESMAS Kec. Godanglegi, dibagi dalam 3 Tim, yang setiap Tim terdiri dari 5 Personel. Tiga tim tersebut di sebar disetiap tingkatan kelas. Secara bergiliran Tim kesehatan Puskesmas mendatangi setiap kelas yang ada di MTsN 1 Malang.

Kepala MTsN 1 Malang, Nasrulloh mengatakan imunisasi MR di MTsN 1 Malang ini, dilakukan secara serentak dengan cara tim medis dari Puskesmas yang sudah dibagi per tingkat kelas, akan mendatangi ke setiap kelas secara bergiliran. Kelas yang saat itu melaksanakan KBM (kegiatan Belajar-Mengajar) akan dihentikan sejenak untuk suntik imuniasasi MR. Setelah selesai suntik, kegiatan pembelajaran dilanjutkan kembali.

Nasrulloh, melanjutkan, imunisasi ini menjadi bagian dari upaya mempersiapkan generasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat agar bisa bersaing di masa depan. Sebab islam mengajarkan untuk selalu menjaga keseimbangan kesehatan, baik Jasmani maupun Rohani. Kondisi tubuh yang sehat menjadi modal utama selain harus terus menuntut ilmu dengan menguasai IMTAQ dan IPTEQ.

Sebagian besar siswa mengaku takut dengan imunisasi ini. Salah satu alasannya karena takut dengan jarum suntik. Meski demikian, mereka tetap menerima meski ada sebagian yang menangis.

"Pak.. saya takut jarum suntik.... saya nggak usah imunisasi, pak..." ungkap siswi putri sambil nangis sesenggukan. (AK/ Fotoby: Masduqi)