“The 37th For MASANEGA” (MILAD MTSN 1 MALANG KE-37)

Lantunan shalawat dari tim hadrah al banjari Asrama MASANEGA membuka kemeriahan acara Tasyakuran HUT (Hari Ulang Tahun) MASANEGA ke 37 pagi ini (30/9). Tasyakuran tahun ini dibarengi dengan peringatan Tahun Baru Islam 1439 H dan santunan kepada anak-anak yatim piatu, baik dari anak-anak MASANEGA sendiri dan juga dari siswa SD/MI sekitar madrasah.

Tasyakuran HUT kali ini dikemas cukup sederhana. Tumpengan menjadi ikonik yang disiapkan oleh masing-masing kelas yang berjumlah 30 tumpeng tertata rapi di tengah-tengah halaman madrasah.

 

Bacaan Yasin dan Istighasah dilanjutkan dengan pembacaan do'a. Disambung dengan sambutan kepala madrasah, Drs. H. Nasrullah. dalam sambutannya beliau menuturkan kepada seluruh siswa untuk menjadi insan yang bermanfaat bagi yang lainnya. Terutama saat menjadi bagian dari madrasah untuk menyumbangkan prestasi agar bisa dikenang dan menjadi penyemangat bagi generasi selanjutnya.

Dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak-anak yatim piatu. Suasana tampak haru manakala satu persatu anak-anak diusap rambutnya oleh bapak ibu guru dan ibu-ibu Dharma Wanita.

Kemudian pemotongan tumpeng dan kue ulang tahun oleh kepala madrasah didampingi oleh para WAKA dan komite menjadi acara puncak pertama dari tasyakuran HUT. Dan juga menjadi penanda acara pentas seni yang telah dipersiapkan masing-masing kelas selama sebulan terakhir.

Tema pentas seni tahun ini adalah Memperkuat Islam Nusantara dalam Bingkai NKRI. Berbagai pertunjukan ditampilkan dengan durasi 10 menit. Terdapat 15 kelompok yang ditampilkan gabungan 2 kelas. Drama historikal mendominasi pertunjukan yang diselingi dengan tarian daerah Nusantara dan koreo atraktif lainnya.

Hadir pula alumni yang sengaja datang untuk melihat kreasi adik-adiknya yang rutin digelar pada tiap tahunnya.

Harapan untuk MASANEGA yang berdiri sejak 1980, semoga tetap menjadi madrasah terdepan di kabupaten Malang dan berprestasi di Provinsi, Nasional, bahkan Internasional. (Amir)