UJIAN TAHFIDH SAHABAT QUR'AN MASANEGA

UJIAN TAHFIDH SAHABAT QUR'AN MASANEGA

Program Kelas Keagamaan untuk pertama kalinya mengadakan ujian tahfidz. Pada gelombang pertama ini, sebanyak 23 siswa diuji di hadapan wali murid, guru-guru, dan seluruh siswa setelah Sabtu sebelumnya (10/2) mengikuti ujian tahap 1.

Ujian tahfidz di kelas keagamaan ini dibagi menjadi tiga tahapan. Tahap pertama, setiap peserta ujian diharuskan menghafal satu juz penuh. Pada tahap kedua, di hadapan penguji peserta secara estafet menyambung ayat antar peserta. Dan pada tahap ketiga, peserta mendapatkan pertanyaan langsung secara acak berupa potongan ayat.

Pada tahap pertama diikuti sebanyak 28 peserta, terdiri dari 8 peserta untuk juz 1 dan 20 peserta juz 30 (juz 'amma). Akhirnya, sebanyak 23 peserta yang dinyatakan siap untuk diuji pada tahap selanjutnya tiga hari berikutnya (Selasa, 13 Februari 2018).

Pagi hingga siang kemarin merupakan ujian tahfidz tahap kedua dan ketiga, 6ang diawali peserta juz 30. Mereka tampak lancar menghafalkan secara bersambut dari surah An Naba' hingga An Naas. Setelah itu masing-masing peserta mendapatkan pertanyaan, baik dari penguji, orangtua mereka masing-masing, guru, bahkan juga dari teman-temannya. Kemudian dilanjutkan peserta dari juz 1 dengan teknis yang sama.

Terdapat peserta istimewa, dikarenakan ada dua peserta yang sudah menghafal sampai juz 2 atas nama Faizatun Nakhiroh dan Vina Azka. Keduanya sekarang duduk di kelas 8.

Kesemua peserta dinyatakan lulus setelah berhasil melewati setiap tahapan ujian dengan memuaskan. Lihat disini.

Tasyakuran menjadi acara puncak dimana seluruh yang hadir bersama-sama menjadi saksi dan mendoakan agar niatan siswa siswi untuk menjadi sahabat Al Qur'an terpatri dalam sanubari sehingga menjadi jariyah bagi orangtua mereka khususnya dan juga bagi semuanya. (Amir)