PSIKOTEST BAGI CALON SISWA BARU

PSIKOTEST BAGI CALON SISWA BARU

 

GONDANGLEGI. Ahad, 25 Maret 2018. Sejak pukul 6 pagi tadi calon wali dan siswa berangsur-angsur datang di lingkungan MTsN 1 Malang. Tampak raut wajah yang kebingungan menggelayuti para calon peserta ujian karena ujian yang akan dihadapi bukanlah ujian mengerjakan soal pada umumnya. Kebanyakan dari mereka belum tahu sama sekali bentuk tes yang akan dikerjakan.

Diawali dengan pengarahan oleh ketua panitia, Bapak Handik Kusmanto, ujian yang sedianya akan dilaksanakan mulai pukul 07.30. Beliau menjelaskan sedikit tentang jadwal dan tahapan yang harus dilewati oleh calon peserta didik sehingga dinyatakan diterima di MASANEGA.

Psikotes ini diselenggarakan oleh Universitas Negeri Malang (UM) yang sudah menjadi partner selama beberapa tahun ke belakang dalam penerimaan peserta didik baru di MTs ini. Ringkasnya, psikotes ini dilakukan di samping untuk mengetahui bakat dan minat alon siswa, juga sebagai tolak ukur sejauh mana tingkat kecerdasan otak baik dari segi IQ, SQ, dan ESQ.

Tips dari ketua panitia, saat menghadapi ujian ini setiap peserta didik jangan grogi dan harus percaya diri sehingga dapat melalui ujian dengan baik dan lancar.

Dibantu oleh para anggota OSIS para peserta setelah acara pembukaan diarahkan menuju ke ruangan masing-masing. Dari jadwal kegiatan psikotes ini berlangsung sekitar 3 jam lamanya. (Amir)