MASANEGA PERINGATI HARDIKNAS

Gondanglegi. Rabu, 2 Mei 2018. Setiap Tanggal 2 Mei Bangsa Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional atau lebih dikenal dengan singkatan HARDIKNAS. Hari ini bertepatan dengan kelahiran sosok pejuang bangsa yaitu Bapak Ki Hadjar Dewantara yang tidak kenal lelah memperjuangkan nasib rakyat pribumi agar bisa memperoleh pendidikan yang layak.

 

Pada saat itu ketika masa penjajahan pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia, terdapat kenyataan bahwa hanya mereka keturunan Belanda dan orang-orang kaya saja yang bisa memperoleh pendidikan, sedangkan rakyat pribumi sengaja dibiarkan buta huruf dan tidak bisa mengenal pendidikan.

 

Di kehidupan sekarang, rakyat Indonesia yang tak lagi dijajah mempunyai hak yang sama dalam pendidikan. Masyarakat diperbolehkan memilih sekolah manapun untuk menuntut ilmu. Begitupun MTsN 1 Malang semua lapisan masyarakat mempercayakan putra putrinya untuk ditempa disini.

 

Pada hari ini, MASANEGA memperingati HARDIKNAS dengan upacara bendera dan juga bersama-sama mendoakan pahlawan bangsa. Diikuti oleh seluruh civitas akademika madrasah, mulai dari siswa dan para guru serta karyawan dengan hikmat mengikutinya.

 

Dalam amanah pembina upacara yang disampaikan oleh Mrs. Ana, sapaan akrab beliau. Beliau menceritakan kembali bagaimana semua siswa yang terdaftar di madrasah ini merupakan anak-anak terpilih mengalahkan hampir sebagian pendaftar pada tiap tahunnya. Maka pantaslah bersyukur dengan belajar sebaik-baiknya selama di madrasah ini. Memaksimalkan seluruh potensi yang dimiliki dan terus berprestasi, baik untuk diri pribadi, orang tua, madrasah, masyarakat, negara, dan agama.

 

Juga diadakan penyerahan piala secara simbolik selama lomba pada bulan April kemarin, diantaranya Lomba Karya Tulis Ilmiyah Bidang IPS Se-Kabupaten Malang Juara 1 dan Harapan 1, Juara 1 MTQ dan Juara 1 Lomba Cerdas Cermat  Agama di SMANEKA, serta Tim sepak bola MTsN 1 Malang juara 3 Kompetisi U-15 Askot PSSI Kota Malang 2018. (Amir)