TA’ARUF(AN) BERBUAH KEBERKAHAN

Gondanglegi. Sabtu, 21 Juli 2018. Pagi ini program kelas Agama MTsN 1 Malang mengadakan kegiatan awal tahunan, yaitu Ta’aruf Kelas Agama. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh peserta didik kelas Agama, para pengajar, dan jajaran pengurus program Kelas Agama, serta bapak ibu guru dari rumpun agama.

 

Lantunan ayat suci al Qur’an yang dibawakan oleh Nurul Fauziyah (9D) mengawali acara ini. Dilanjutkan dengan ujian tahfidz dari masing-masing kelas sebagai bentuk motivasi antar peserta didik. Diawali peserta didik kelas 9, kelas 8, dan kelas 7 sebagai pamungkasnya. Masing-masing peserta yang maju ke atas panggung diuji langsung secara bergantian oleh para pengajar Tahfidz. Diantaranya Ustadz Bagus, Ustadzah Hanifah dan Ustadzah Nur Jannati.

 

Ustadz Bagus selaku Mursyid dari Program Tahfidz memberikan motivasi sekaligus mencontohkan adab bagaimana menjadi seorang santri. Mulai dari cara bersalaman dengan ustadz maupun ustadzah, mengawali pelajaran, cara bergaul dengan teman sebaya, dan berakhlak dalam kehidupan sehari-hari, baik di madrasah maupun di rumah. Pada intinya siswa kelas Agama haruslah berbeda pada umumnya dengan siswa lainnya dalam berakhlak.

 

Acara ditutup dengan doa dan dilanjutkan perkenalan para pengajar di kelas Agama berserta para pengurusnya.

 

Sebagai informasi, pada tahun pelajaran 2018/2019 ini MTsN 1 Malang secara resmi telah membuka program Kelas Agama. Dua tahun sebelumnya kelas (rintisan) Agama sudah dibentuk, akan tetapi dengan berbagai pertimbangan dan proses sehingga baru pada tahun ini di-launching ke masyarakat. Harapannya untuk mewadahi anak-anak yang ingin menghafal al Qur’an ataupun melanjutkan hafalannya. (Amir)