SEMARAK IDUL ADHA 1439 H DI MASANEGA

Hari Raya Idul Adha 1439 H disambut keluarga besar Masanega dengan berbagai rangkaian kegiatan. Diawali dengan pelaksanaan sholat Idul Adha yang diikuti seluruh civitas akademika Masanega pada hari Rabu 22 Agustus 2018. Sholat Idul Adha dilaksanakan di Masjid Masanega. bertindak selaku Imam dan Khotib adalah Ustadz Nanang Sholihudin, M.Pd. Dalam khutbahnya beliau menyampaikan tentang makna qurban yang berarti usaha keras yang mesti dilakukan seorang muslim dalam menggapai ridlo Allah. Beliau juga menyampaikan sejarah qurban yang telah dilaksanakan mulai zamannya Nabi Adam yaitu dari kisah Qabil dan Habil dalam rangka meraih tujuannya. Untuk itulah semangat berkurban ini patut diteladani oleh keluarga Masanega sesuai peran masing-masing.

Rangkaian kegiatan berlanjut ke hari Kamis, 23 Agustus 2018. Pada hari itu ada tiga agenda kegiatan yang dilaksanakan yaitu : penyembelihan hewan qurban, lomba manasik haji, serta kegiatan safari qurban. Jumlah hewan qurban yang disiapkan untuk tahun ini terdiri dari 1 ekor sapi dan 6 ekor kambing. Penyembelihan qurban dilaksanakan pada pagi hari sekitar pukul 06.00 berupa 1 ekor sapi yang dagingnya dibagikan kepada para warga disekitar madrasah. Sementara 6 ekor kambing digunakan untuk kegiatan safari qurban. Sementara 6 ekor kambing diguna

Kegiatan lomba manasik haji diikuti oleh seluruh kelas, total ada 30 kelas yang berpartisipasi dalam lomba ini. Sebelumnya para siswa di masing-masing kelas telah mendapatkan bimbingan dari guru mapel fiqih. Nantinya ditiap tingkatan kelas akan diambil juara 1, juara 2, dan juara 3.

Rangkaian kegiatan Idul Adha 1439 H disempurnakan dengan kegiatan safari qurban , berupa pembagian hewan qurban ke daerah-daerah yang telah ditentukan. Daerah-daerah tersebut dipilih atas dasar kondisi ekonomi dan kebutuhan syi’ar Islam. Tahun ini safari qurban diadakan di desa Wonorejo Kec. Bantur dan desa Sukorame Kec. Dampit. Desa Wonorejo dipilih atas dasar di desa ini mayoritas adalah mu’aallaf sehingga perlu adanya syi’ar Islam sehingga menambah keimanan meraka.

Semoga rangkaian kegiatan yang dilaksanakan untuk menyambut Idul Adha 1439 H ini bisa memberikan kemanfaatan bagi civitas akademika Masanega, masyarakat, serta dapat menjadi syi’ar Islam.