SHOW OF FORCE TIM ROBOTIK MTsN MALANG III DALAM ICERO 2017

Ketika di sekolah, anak-anak berpartisipasi dengan tujuan belajar. Tetapi ketika bermain, anak belajar bagaimana dia berpartisipasi. Falsafah inilah yang menjadi acuan  IT-Smart, salah satu  Lembaga Pendidikan Teknologi Informasi dan Robotika  yang beralamatkan di Jl. Raya Wadung Asri Blok A/21 Waru – Sidoarjo dalam melaksanakan program pendidikannya. Termasuk diantaranya adalah dengan mengadakan olimpiade rutin setiap tahun yang diberi nama ICERO (IT Smart Computer Electronic Robitic Olympiad). Acara dilaksanakan pada tanggal 24-26 Februari 2017, bertempat di Atrium lantai dasar Ciputra World Surabaya. Ada beberapa cabang lomba yang dipertandingkan antara lain : Junior Lego Brick, Senior Lego Brick, Simple Machine, Elementary programing, Junior Programing, serta Senior Programing. Adapun tema yang diusung untuk ICERO Tahun 2017 adalah Budaya Nusantara.

Didampingi langsung oleh Pembina Eskul, Masrur, S.Kom, tim Eskul robotic MTsN Malang III mengirimkan lima tim pada gelaran ICERO kali ini. Mereka yaitu Tim 1 (M.Risqi Kholid dan Saif Haidar Ali), Tim 2 (Mufti Syambuwono dan Jahfal Alafa Jirfasi), Tim 3 (M.Lucky A dan Ahmad Rafa Khadafi), Tim 4 (Sultan Maulana dan M.Rifqi Maulidi). Bagi tim MTsN Malang III even kali adalah partisipasi yang kedua setelah tahun kemarin juga mengikutinya.

Pada cabang Junior Programing (untuk siswa SMP) peserta mendapat tugas untuk memprogram robot dengan misi membentuk/membangun sebuah candi sesuai dengan tema ICERO 2017 yaitu Budaya Nusantara.Banyak kejutan yang terjadi pada tahun ini. Tim-tim yang pada tahun kemarin menjadi unggulan dan juara banyak yang gagal menyelesaikan misi. Sementara tim-tim yang tidak diunggulkan ternyata dapat mencapai prestasi maksimal. Dari tiga sessi lomba yang diselenggarakan untuk cabang Junior program akan diambil enam pemenang sesuai rangking nilai yang diperoleh. Hasil akhir penilaian menempatkan Tim 2 MTs Malang III (Mufti Syambuwono dan Jahfal Alafa J.) sebagai Juara Harapan 1 dengan raihan nilai 100 dan total waktu 00.01.32.75, selisih satu detik dengan juara 3.

Bagi tim Robotic MTsN Malang III capaian prestasi pada tahun ini lebih meningkat dibanding tahun kemarin. Pada tahun lalu capain tim adalah juara harapan 2. Semoga kedepan prestasi tim robotic MTsN Malang III lebih baik lagi sehingga panji-panji kebesaran prestasi MTsN Malang III terus berkibar.

Selamat untuk Tim Eskul Robotik Masanega..

(ME)