TULISAN (BERBUAH) JUARA

Gondanglegi, 8 April 2018. Rasa syukur diucapkan kepada Allah SWT dan tidak sia-sia pula perjuangan Tim KIR MTsN 1 Malang yang tak kenal lelah. Dua Tim yang telah lolos ke babak final berhasil membawa pulang dua piala dalam Lomba Karya Ilmiah Remaja (KIR) Se Kabupaten Malang tahun 2018.

Tim 1 yang digawangi oleh Dianita Ayu Puspitaloka, Moh. Rizki Cholid, dan Irangga Kusuma menyabet juara 1 dengan mengusung penelitian Tingkat Kerukunan di Jembatan Kaca Ngalam Indonesia, Kecamatan Belimbing, Kota Malang. Dan Tim 2 beranggotakan Natasya Rahmania, Roy Erza Farabi, dan M. Hafidz Haikal dengan objek penelitian di Keraton Gunung Kawi, Kabupaten Malang, mendapatkan juara Harapan 1.

Kedua finalis ini menjalani masa karantina selama kurang lebih 2 minggu penuh di madrasah. Di saat siswa kelas 7 dan 8 belajar di rumah, mereka berkonsentrasi penuh guna menyempurnakan setiap detail dari materi, latihan presentasi, maupun tanya jawab.

Dimulai sedari pagi pukul 8 sampai pukul 4 sore mereka digembleng penuh di bawah arahan bapak Suliadi dan bapak Dani, dua sosok inspiratif, energik, dan kritis. Tak segan pula mereka seakan marah saat anak-anak kurang serius dalam penyusunan materi ataupun saat latihan presentasi. Dan hasilnya, dapat dirasakan dan dibawa pulang ke bumi MASANEGA dengan kepala tegak.

Hasil yang telah dicapai menjadi ukuran dimana kualitas MTsN 1 Malang masih berada di jajaran elit akan madrasah yang berprestasi. Dan juga patut diwaspadai bahwa madrasah-madrasah lain tentu saja akan berusaha mati-matian merebut posisi ini. (Amir)