JUARA 2 LKIR NASIONAL

Prestasi membanggakan kembali diraih siswa MTsN Malang III. Tim LKIR yang diketuai oleh Hilya Nahila dengan anggota Meidawati Kuswarini serta Wardah Nailah Rahmatika (semuanya siswa kelas IX Bilingual) meraih juara dua dalam ajang lomba karya ilmiah remaja (LKIR) tingkat Nasional 4 bahasa yang diselenggarakan oleh Pesantren Terpadu Daaru Ulil Albab Nganjuk Jawa Timur.

Dalam lomba kali ini tim MTsN Malang III mengangkat karya ilmiah berjudul Dampak Sosial Maraknya Majelis Maulid Wat Ta’lim di Desa Gondanglegi Wetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh majelis maulid watta’lim terhadap perilaku sosial masyarakat sekitar, peningkatan intensitas beribadah, rasa nasionalisme, kesatuan bangsa dan masyarakat sekitar. Karya ini juga ditujukan untuk menganalisis dampak negatif yang ditimbulkan dengan adanya majelis maulid watta’lim.

Karya ilmiah siswa MTsN Malang III disusun dalam dua Bahasa yaitu Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia. Pengiriman karya dilakukan secara online, dan ternyata karya tersebut mampu menembus babak final bersama empat karya yang lain dari sekolah berbeda. Final lomba berlangsung tanggal 10 – 12 Desember 2016 di Pondok Pesantren Terpadu Daaru Ulil Albab Nganjuk Jawa Timur. Kegiatan dimulai dengan check in peserta dan technical meeting pada tanggal 10 Desember. Dilanjutkan dengan presentasi finalis lomba dihadapan empat juri dalam empat Bahasa yaitu Bahasa Indonesia, inggris, arab, dan Bahasa daerah pada tanggal 11 Desember. Sedangkan pengumuman disampaikan pada tanggal 12 Desember 2016.

Atas prestasi yang diraih sebagai juara dua, maka Hilya dan kawan-kawan berhak menerima tropi dan uang tunai Rp 4 juta sekaligus beasiswa. Selaku Pembina esktrakurikuler KIR, Suliadi,S.Pd berharap prestasi ini bisa memotivasi siswa-siswi MTsN Malang III yang lain, khususnya yang tergabung dalam kelompok esktrakurikuler KIR untuk bisa menghasilkan karya-karya ilmiah yang lebih kreatif dan inovatif.